Bentuk Ragam Hias Meander Adalah

Bentuk ragam hias meander adalah salah satu bentuk ragam hias yang berasal dari Yunani Kuno. Istilah "meander" berasal dari nama sungai Meandros di Asia Kecil yang memiliki jalur yang bengkok-bengkok. Bentuk ragam hias ini seringkali Anda jumpai pada pajangan-pajangan bergaya klasik, seperti vas bunga, piring antik, dan lain-lain.

Jika Anda penasaran dengan bentuk ragam hias meander, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Pengertian Bentuk Ragam Hias Meander

Meander adalah bentuk ragam hias yang terdiri dari deretan garis bergelombang yang berbentuk segi empat yang saling bergantian arahnya. Bentuk meander dapat ditumpuk pada beberapa lapisan, dan biasanya diaplikasikan dalam suatu bidang yang luas. Umumnya dalam satu bidang digunakan lebih dari satu pola meander yang berbeda.

Pola meander ini terdiri dari berbagai macam bentuk dan ukuran. Perbedaan pola pada meander dapat dilihat dari jumlah lengkungan, proporsi panjang lebar, dan pilihan garis lengkung yang memadai. Meander termasuk bentuk ragam hias yang rumit, karena proses pembuatannya memerlukan presisi dan kesabaran.

Adapun pengertian lain bentuk ragam hias meander adalah pola geometris yang terdiri dari beberapa bentuk segi empat dengan lengkungan garis tebal yang menyilang. Pola ini termasuk salah satu bentuk pola geometris pada arti visual yang ditemukan pada banyak bentuk ragam hias.

Sejarah Bentuk Ragam Hias Meander

Meander pertama kali muncul pada bangunan-bangunan Yunani Kuno, seperti kuil atau rumah-rumah bangsawan. Bentuk meander ini digunakan sebagai pengisi ruangan atau aksen pada bagian eksterior bangunan.

Selain itu, meander juga banyak dijadikan sebagai bingkai lemari, meja, piring keramik, vas bunga, dan lain-lain. Hingga kini, bentuk ragam hias meander masih sering digunakan untuk menghiasi berbagai jenis barang-barang hiasan rumah.

Fungsi Bentuk Ragam Hias Meander

Bentuk ragam hias meander digunakan sebagai penghias pada berbagai bidang, seperti kerajinan rumah, percetakan, seni, dan lain-lain. Fungsi dari bentuk ragam hias meander antara lain sebagai berikut.

  1. Aksen dan pengisi ruangan
    Meander seringkali digunakan sebagai aksen pada hiasan ruangan atau pengisi bagi suatu bidang yang luas, seperti pada hiasan dinding atau karpet.

  2. Simbol kekekalan dan keteraturan
    Bentuk segi empat pada meander dianggap sebagai simbol kekekalan dan keteraturan. Hal ini karena bentuk segi empat terus-menerus terputus-putus tanpa akhir.

  3. Simbol kesetiaan
    Meander sering digunakan sebagai simbol kesetiaan dalam budaya Yunani Kuno. Hal ini berasal dari fakta bahwa pola meander pada hiasan bahkan bisa berputar-putar tanpa pernah berakhir, seperti kesetiaan yang tidak ada batasnya.

Cara Membuat Bentuk Ragam Hias Meander

Bentuk ragam hias meander bisa dibuat dengan cara manual menggunakan pensil atau alat ukir. Umumnya, pengrajin menggunakan media kayu atau keramik untuk membuat bentuk ragam hias meander.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat bentuk ragam hias meander.

  1. Siapkan media yang akan digunakan untuk membuat meander.
  2. Tentukan besar dan bentuk meander yang diinginkan.
  3. Gambarlah atau ukir meander pada media dengan presisi yang tinggi.
  4. Jika diinginkan, meander dapat diwarnai dengan cat atau pewarna khusus.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan bentuk ragam hias meander?

Meander adalah bentuk ragam hias dari Yunani Kuno yang terdiri dari deretan garis bergelombang yang berbentuk segi empat, saling bergantian arahnya.

Apa fungsi dari bentuk ragam hias meander?

Fungsi dari bentuk ragam hias meander antara lain sebagai aksen dan pengisi ruangan, simbol kekekalan dan keteraturan, serta simbol kesetiaan.

Bagaimana cara membuat bentuk ragam hias meander?

Bentuk ragam hias meander dapat dibuat dengan cara manual menggunakan pensil atau alat ukir pada media kayu atau keramik.

Kesimpulan

Bentuk ragam hias meander adalah salah satu bentuk ragam hias yang berasal dari Yunani Kuno. Meander terdiri dari deretan garis bergelombang yang berbentuk segi empat yang saling bergantian arahnya. Fungsi dari meander adalah sebagai aksen dan pengisi ruangan, simbol kekekalan dan keteraturan, serta simbol kesetiaan.

Bagi Anda yang ingin membuat bentuk ragam hias meander, Anda bisa membuatnya dengan cara manual menggunakan pensil atau alat ukir pada media kayu atau keramik. Dengan memahami bentuk ragam hias meander, Anda dapat memperkaya pengetahuan dan ide-ide Anda dalam merancang hiasan rumah maupun kerajinan tangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Perangkat Pemerintah yang Membidangi Urusan Tertentu dalam Pemerintahan

Inceptisol: Jenis Tanah yang Mampu Mendukung Pertumbuhan Tanaman dengan Baik