Berikut Ini yang Bukan Belanja Daerah Adalah

Apakah Anda tahu apa itu belanja daerah? Jika belum, belanja daerah atau sering disebut Belanja Modal dan Belanja Barang Jasa Daerah adalah belanja yang menjadi tanggung jawab pemerintah daerah untuk memenuhi kebutuhan fasilitas umum dalam rangka pembangunan daerah. Namun, tidak semua pengeluaran dapat dianggap sebagai belanja daerah. Berikut ini adalah beberapa pengeluaran yang bukan termasuk belanja daerah:

Pengeluaran Non Belanja

Pengeluaran Non Belanja merupakan jenis pengeluaran yang tidak dapat disebut sebagai belanja daerah. Biasanya, pengeluaran ini hanya mencakup peralatan, mesin,hardware,dan software serta modal awal yang digunakan untuk membangun infrastruktur baru yang belum siap digunakan sebelum belanja daerah dimulai.

Pengeluaran Rutin

Pengeluaran Rutin bukan termasuk dalam belanja daerah, karena pengeluaran ini merupakan pengeluaran rutin dan bukan pengeluaran untuk pembangunan daerah. Pengeluaran rutin mencakup biaya operasional dan pengeluaran tetap seperti gaji pegawai,tagihan listrik, dan pengeluaran bulanan lainnya.

Pengeluaran Belanja Modal Antar-daerah

Pengeluaran Belanja Modal Antardaerah adalah pengeluaran yang dapat membangun kemitraan antara pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten/kota dalam rangka meningkatkan perekonomian. Pengeluaran ini menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat dan Provinsi, sehingga tidak termasuk belanja daerah.

Belanja Perguruan Tinggi

Belanja Perguruan Tinggi tidak termasuk dalam belanja daerah, karena belanja ini adalah tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun perguruan tinggi berada di wilayah daerah, namun biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan ini bukan termasuk dalam belanja daerah.

Belanja Kesehatan

Belanja Kesehatan juga bukan termasuk dalam belanja daerah, karena belanja ini termasuk dalam tanggung jawab Kementerian Kesehatan.Ia mencakup biaya pengobatan, rehabiltasi atau perawatan kekesehatan masyarakat, dan sebagainya. Meskipun pemerintah daerah bertanggung jawab atas ketersediaan layanan kesehatan di wilayahnya, namun hal ini bukan menjadi belanja daerah.

Dalam kesimpulannya, belanja daerah pada dasarnya meliputi belanja barang dan jasa serta belanja modal dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur dan perekonomian daerah. Adapun pengeluaran yang bukan termasuk belanja daerah, yaitu pengeluaran non belanja, pengeluaran rutin, pengeluaran belanja modal antardaerah, belanja perguruan tinggi, dan belanja kesehatan. Jangan lupa untuk selalu memisahkan pengeluaran yang termasuk dalam belanja daerah dan tidak termasuk dalam belanja daerah, agar penggunaan dana yang tepat dan efektif dapat tercapai, dan pembangunan suatu daerah dapat berjalan dengan lancar serta sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berikut yang Bukan Bagian dari Desktop Windows Adalah…

Zopfan: Bagian dari Kerjasama ASEAN yang Bertujuan untuk Menjaga Kestabilan Wilayah