Cisg Adalah: Menyingkap Pengetahuan Tentang Konvensi Penjualan Internasional Barang Bergerak

Pendahuluan

Dalam dunia yang semakin terhubung melalui perdagangan internasional, ada berbagai aspek yang perlu dipahami untuk menjalankan bisnis dengan lancar. Salah satu hal yang paling penting adalah memahami konvensi dan peraturan yang mengatur perdagangan internasional. Salah satu hukum yang paling relevan dalam hal ini adalah Konvensi PBB tentang Kontrak untuk Penjualan Barang Internasional, yang biasa disebut dengan singkatan CISG (Convention on Contracts for the International Sale of Goods).

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi definisi dan makna dari CISG, mengapa ini adalah perjanjian yang penting dalam perdagangan internasional, serta bagaimana mengoptimalkan penggunaannya dengan SEO yang tepat. Mari kita sibak lebih dalam!


Sejarah dan Ruang Lingkup

CISG adalah konvensi internasional yang dibahas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menyatukan peraturan hukum yang mengatur kontrak penjualan internasional. Konvensi ini mulai dirancang pada pertengahan tahun 1970-an dan akhirnya disetujui pada tahun 1980. Hal ini diakui oleh lebih dari 90 negara, termasuk sebagian besar negara-negara maju dan besar di dunia.

Konvensi ini hanya berlaku untuk kontrak penjualan internasional barang bergerak. Konvensi ini tidak berlaku untuk kontrak yang melibatkan barang tidak bergerak, jasa, maupun aspek keimigrasian. Kendati demikian, hukum CISG berguna dalam kasus di mana kontrak internasional tidak secara eksplisit mengatur hukum yang berlaku.

Daerah hukum yang paling kuat dalam CISG adalah perjanjian pembelian dan penjualan, termasuk aspek hukum pembayaran, hak dan kewajiban penjual dan pembeli, serta penyelesaian sengketa internasional. Konvensi ini juga mengatur aspek lain seperti penyimpangan kualitas, perubahan harga, ketentuan pengiriman, dan kegagalan penyerahan barang. Dengan demikian, CISG adalah perjanjian yang sangat penting dalam perdagangan internasional.


Bagaimana CISG Beroperasi

CISG beroperasi dengan prinsip-prinsip hukum kontrak yang umumnya diterima di sebagian besar sistem hukum di dunia. Di bawah konvensi ini, kontrak penjualan internasional secara otomatis diberlakukan, kecuali jika kedua belah pihak secara eksplisit mengecualikannya. Misalnya, jika kedua belah pihak berasal dari negara yang telah menerima CISG, maka konvensi tersebut akan berlaku secara langsung.

Namun, penting untuk memahami bahwa CISG memberikan kebebasan bagi pihak yang terlibat dalam kontrak untuk mengatur ketentuan khusus dan menonaktifkan beberapa ketentuan CISG jika mereka menginginkannya. Dalam praktiknya, kedua belah pihak biasanya akan membuat perubahan pada kontrak sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal lain yang perlu dicatat adalah bahwa CISG tidak memberikan hukum khusus mengenai sengketa. Sebaliknya, konvensi ini memberikan kerangka kerja umum yang digunakan oleh para pihak untuk menyelesaikan perselisihan mereka. Jika pihak-pihak gagal mencapai kesepakatan melalui negosiasi, mereka akhirnya akan mengacu pada hukum nasional yang berlaku di negara di mana perselisihan tersebut diajukan.


FAQ

1. Apakah semua negara di dunia adalah anggota CISG?
Tidak, CISG saat ini diakui oleh lebih dari 90 negara, yang meliputi sebagian besar negara-negara maju dan besar di dunia seperti Amerika Serikat, China, Jerman, dan Jepang. Namun, masih ada beberapa negara yang belum menerima konvensi ini.

2. Apakah CISG mempengaruhi hak-hak dan kewajiban pihak dalam kontrak?
Ya, CISG memberikan kerangka kerja yang berguna untuk mengatur hak dan kewajiban pihak dalam kontrak penjualan internasional. Namun, CISG juga memberi fleksibilitas bagi pihak-pihak untuk menyesuaikan ketentuan-ketentuan sesuai kebutuhan mereka.

3. Apakah CISG memiliki ketentuan terkait penyelesaian sengketa?
CISG tidak memiliki ketentuan khusus tentang penyelesaian sengketa. Namun, pihak-pihak yang terlibat dalam kontrak dapat menggunakan negosiasi atau mengacu pada hukum nasional negara yang berlaku untuk menyelesaikan perselisihan mereka.

4. Mengapa penting untuk memahami CISG dalam perdagangan internasional?
Memahami CISG adalah kunci untuk menjalankan bisnis perdagangan internasional dengan lancar. Mengingat bahwa konvensi ini diakui oleh banyak negara, memenuhi persyaratan CISG dapat membantu mengurangi konflik hukum dan kesalahpahaman antara pihak yang terlibat dalam perdagangan internasional.


Kesimpulan

CISG (Convention on Contracts for the International Sale of Goods) adalah konvensi internasional yang diakui oleh banyak negara dan digunakan untuk mengatur kontrak penjualan internasional barang bergerak. Konvensi ini penting dalam perdagangan internasional dan berlaku secara otomatis kecuali dinyatakan sebaliknya oleh kedua belah pihak.

Pemahaman yang baik tentang CISG dapat membantu bisnis beroperasi dengan lebih lancar dalam perdagangan internasional, karena konvensi ini memberikan kerangka kerja penting dalam mengatur hak dan kewajiban pihak dalam kontrak. Meskipun CISG tidak memiliki ketentuan khusus tentang penyelesaian sengketa, konvensi ini memberikan pedoman yang berguna dalam menyelesaikan perselisihan.

Penting untuk diingat bahwa CISG dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pihak dalam kontrak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencari nasihat hukum yang kompeten dalam mengaplikasikan CISG dalam kontrak-kontrak penjualan internasional.

Semoga artikel ini memberikan wawasan yang berharga dan membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai CISG dan relevansinya dalam perdagangan internasional.


Poin-poin penting:

  • CISG adalah singkatan dari Convention on Contracts for the International Sale of Goods.
  • Konvensi ini diakui oleh lebih dari 90 negara.
  • Hukum CISG berlaku untuk kontrak penjualan internasional barang bergerak.
  • Pihak yang terlibat dalam kontrak dapat mengatur ketentuan khusus sesuai kebutuhan mereka.
  • CISG memberikan kerangka kerja umum dalam menyelesaikan perselisihan.
  • Memahami CISG sangat penting dalam menjalankan bisnis perdagangan internasional.
  • Mencari nasihat hukum yang kompeten dianjurkan ketika mengaplikasikan CISG dalam kontrak penjualan internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Besar Pelurus Sudut PQS Adalah

Pernyataan yang Tidak Benar Mengenai Enzim