FPB dari 72 dan 84 adalah …

Jika Anda mencari jawaban cepat dan mudah tentang FPB dari 72 dan 84, maka jawabannya adalah 12. Tetapi jika Anda ingin tahu bagaimana dan mengapa hasil tersebut didapatkan, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci bagaimana caranya untuk mencari FPB dari dua bilangan, terutama bagi mereka yang tidak terlalu pandai matematika.

Apa itu FPB?

FPB atau Faktor Persekutuan Terbesar adalah bilangan bulat positif terbesar yang membagi habis dua bilangan bulat positif tertentu. Dalam bahasa yang lebih sederhana, FPB dari dua bilangan adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi kedua bilangan tersebut.

Bagaimana mencari FPB?

Untuk mencari FPB dari dua bilangan, terlebih dahulu kita harus menemukan semua faktor bilangan tersebut. Faktor adalah bilangan bulat positif yang dapat membagi bilangan tersebut habis.

Menemukan Faktor

Mari kita coba mencari faktor dari bilangan 72. Kita mulai dengan membagi bilangan tersebut dengan bilangan prima terkecil, yaitu 2:

72 ÷ 2 = 36

Jadi, 2 adalah salah satu faktor dari bilangan 72. Kita berlanjut dengan membagi hasil tersebut dengan 2 lagi:

36 ÷ 2 = 18

Kita lakukan lagi:

18 ÷ 2 = 9

Kita memperoleh bilangan prima 2 tiga kali sebagai faktor dari 72. Sekarang mari kita coba mencari faktor dari bilangan 84:

84 ÷ 2 = 42

42 ÷ 2 = 21

21 ÷ 3 = 7

84 memiliki faktor berikut: 2 x 2 x 3 x 7.

Menemukan FPB

Setelah menemukan faktor dari dua bilangan, kita mencari bilangan yang sama dalam kedua faktorisasi. FPB dari dua bilangan tersebut adalah hasil kali dari faktor yang bersamaan.

Faktor yang sama dari 72 dan 84 adalah 2 x 2 = 4.

Jadi, FPB dari 72 dan 84 adalah 4.

FAQ

Q. Apa yang dimaksud dengan faktor?

A. Faktor adalah bilangan bulat positif yang dapat membagi bilangan tersebut habis.

Q. Bagaimana cara menemukan FPB dari dua bilangan?

A. Pertama-tama temukan faktor dari kedua bilangan, lalu cari bilangan yang sama dalam kedua faktorisasi dan hasil kali dari faktor yang bersamaan adalah FPB.

Q. Mengapa penting untuk mengetahui FPB?

A. FPB sering digunakan dalam matematika sebagai dasar untuk menyelesaikan masalah matematika yang lebih kompleks.

Kesimpulan

Mencari FPB dari dua bilangan mungkin tidaklah mudah bagi beberapa orang, tetapi dengan menemukan semua faktor bilangan, kita bisa menemukan FPB dengan mudah. Dalam kasus 72 dan 84, faktor bilangan kita temukan adalah 2 x 2, sehingga FPB yang kita cari adalah 4. FPB adalah dasar dari banyak masalah matematika yang lebih kompleks, jadi penting untuk memahami konsep ini untuk memudahkan dalam mencari solusi di masa depan.

Mari selalu mengasah kemampuan kita dalam matematika, dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

List poin penting:

  • FPB adalah Faktor Persekutuan Terbesar dari dua bilangan.
  • Untuk mencari FPB, pertama temukan semua faktor kedua bilangan, cari faktor yang sama dalam kedua faktorisasi, hasil kali dari faktor yang bersamaan adalah FPB.
  • FPB sering digunakan dalam matematika sebagai dasar untuk menyelesaikan masalah matematika yang lebih kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Besar Daya pada Hambatan 2 Ohm Adalah

Berikut Pasangan Gaya Aksi Reaksi yang Benar Adalah