FPB dari Bilangan 70, 84, dan 98 adalah

Pendahuluan (100 kata)

Dalam matematika, faktor persekutuan terbesar (FPB) adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua atau lebih bilangan. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari FPB dari bilangan 70, 84, dan 98. FPB adalah konsep penting dalam matematika dan memiliki berbagai aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dan ilmu pengetahuan.

Menghitung FPB (200 kata)

Untuk menghitung FPB dari tiga bilangan tersebut, kita dapat menggunakan beberapa metode. Salah satu metode yang umum digunakan adalah dengan menggunakan faktorisasi prima.

Kita mulai dengan memfaktorkan bilangan-bilangan tersebut menjadi faktor-faktor primanya:

  • 70 dapat difaktorkan menjadi 2 5 7
  • 84 dapat difaktorkan menjadi 2^2 3 7
  • 98 dapat difaktorkan menjadi 2 * 7^2

Kemudian, kita mencari faktor-faktor primanya yang sama dalam ketiga bilangan. Kita mencari faktor-faktor yang terdapat dalam ketiga faktorisasi prima tersebut.

Faktor-faktor yang sama adalah 2 dan 7. FPB dari bilangan 70, 84, dan 98 adalah perkalian dari faktor-faktor yang sama ini, yaitu 2 * 7 = 14.

Jadi, FPB dari bilangan 70, 84, dan 98 adalah 14.

FAQ

Apa itu FPB? (100 kata)

FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) adalah bilangan bulat positif terbesar yang dapat membagi habis dua atau lebih bilangan. FPB sering digunakan dalam matematika dan memiliki banyak aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dan ilmu pengetahuan.

Bagaimana menghitung FPB? (100 kata)

Ada beberapa metode untuk menghitung FPB. Salah satu metode yang umum digunakan adalah dengan menggunakan faktorisasi prima. Kita dapat memfaktorkan bilangan-bilangan yang ingin dicari FPB-nya menjadi faktor-faktor primanya, lalu mencari faktor-faktor yang sama dalam ketiga faktorisasi prima tersebut. FPB adalah hasil perkalian dari faktor-faktor yang sama ini.

Dalam aplikasi apa FPB digunakan? (100 kata)

FPB digunakan dalam berbagai aplikasi matematika dan ilmu pengetahuan. Contohnya, FPB digunakan dalam bidang kriptografi untuk mengenkripsi dan mendekripsi data. FPB juga digunakan dalam perhitungan waktu, seperti menentukan waktu ketika dua objek berada pada posisi dan kecepatan yang sama. Selain itu, FPB juga digunakan dalam pembuatan pola, teori himpunan, algoritma, dan banyak lagi.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah mempelajari tentang FPB dan bagaimana menghitung FPB dari bilangan 70, 84, dan 98. FPB adalah bilangan bulat terbesar yang membagi habis ketiga bilangan tersebut. Melalui faktorisasi prima, kita dapat menemukan faktor-faktor primanya dan mencari faktor-faktor yang sama dalam ketiga bilangan tersebut. FPB dari bilangan 70, 84, dan 98 adalah 14. FPB memiliki banyak aplikasi dalam matematika dan ilmu pengetahuan, dan sangat penting dalam berbagai konteks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Luas Permukaan Kubus dengan Panjang Rusuk 5 cm adalah

Lateralisasi: Meningkatkan Efisiensi Fungsi Otak