Kasur Decubitus: Mengenal Penyakit Berbahaya Ini

Kasur decubitus adalah kondisi medis yang menyebabkan kerusakan pada kulit dan jaringan di bawahnya. Kasur decubitus umumnya terjadi di area yang mendapat tekanan terus-menerus selama periode waktu tertentu, seperti ketika seseorang terbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama. Kasur decubitus sering terjadi pada orang yang kurang bergerak atau terbatas pada pergerakan mereka untuk periode waktu yang lama, seperti orang yang sakit parah atau orang yang terikat pada kursi roda.

Apa itu Decubitus?

Decubitus adalah luka terbuka yang terjadi ketika bagian tubuh tertentu terus-menerus mendapat tekanan. Jika tubuh seseorang mempertahankan posisi tertentu selama periode waktu yang lama, maka aliran darah ke area itu bisa terhalangi dan kulit dan jaringan di bawahnya bisa mati. Kasus ini dapat terjadi pada permukaan manapun yang terkena tekanan, termasuk permukaan kasur dan kursi.

Perbedaan Antara Kasur Decubitus dan Lainnya

Kasur decubitus sering disalahartikan sebagai sariawan atau lecet di bokong. Kasur decubitus, bagaimanapun, adalah kondisi yang jauh lebih serius dan dapat berdampak buruk pada kesehatan seseorang. Orang yang menderita kasur decubitus yang parah dapat mengalami rasa sakit yang hebat, infeksi, dan bahkan kematian.

Penyebab Kasur Decubitus

Kasur decubitus terjadi ketika area tubuh tertentu terus menerus terkena tekanan selama periode waktu tertentu. Ini bisa terjadi pada orang yang terbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama atau orang yang terikat pada kursi roda untuk waktu yang lama. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi risiko kasur decubitus antara lain kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau stroke, kelembaban, dan malnutrisi.

Gejala dari Kasur Decubitus

Kasur decubitus dapat terjadi di mana saja pada tubuh. Namun, mereka paling umum terjadi di area yang mendapatkan tekanan terus menerus selama periode waktu tertentu, seperti bokong, tumit, siku, dan tulang belikat. Beberapa gejala kasur decubitus termasuk kemerahan, kulit terasa hangat saat disentuh, area kulit yang terasa lebih lunak atau lebih keras dari kulit di sekitarnya, luka terbuka, abses kulit, cairan yang keluar dari luka, dan area yang terlihat pucat atau coklat.

Bagaimana Cara Mencegah Kasur Decubitus

Kasur decubitus dapat dicegah dengan beberapa cara, termasuk mengubah posisi orang yang terbaring atau terikat pada kursi roda secara teratur, memberikan perhatian yang cukup pada area yang sering terkena tekanan, menjaga kulit agar tetap bersih dan kering, dan menerapkan krim atau lotion yang dirancang khusus pada area yang rentan. Juga, perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi orang tersebut untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Bagaimana Cara Merawat Kasur Decubitus

Jika seseorang sudah mengalami kasur decubitus, maka perawatan yang tepat dapat membantu mencegah komplikasi yang lebih serius. Beberapa cara untuk merawat kasur decubitus antara lain menjaga bersih dan kering area yang terkena tekanan, membersihkan dan menjaga kesehatan luka atau abses yang terbuka, menerapkan perban untuk melindungi area yang terkena tekanan, dan mempertahankan posisi tubuh yang tepat.

FAQ

Apakah Kasur Decubitus Berbahaya?

Ya, kasur decubitus dapat berbahaya dan dapat menyebabkan rasa sakit, infeksi, dan bahkan kematian.

Bagaimana Cara Mencegah Kasur Decubitus?

Kasur decubitus dapat dicegah dengan mengubah posisi orang yang terbaring atau terikat pada kursi roda secara teratur, memberikan perhatian yang cukup pada area yang sering terkena tekanan, menjaga kulit agar tetap bersih dan kering, dan menerapkan krim atau lotion yang dirancang khusus pada area yang rentan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Seseorang Mengalami Kasur Decubitus?

Jika seseorang mengalami kasur decubitus, maka mereka harus menerima perawatan segera untuk menghindari komplikasi yang lebih serius. Beberapa cara untuk merawat kasur decubitus antara lain menjaga bersih dan kering area yang terkena tekanan, membersihkan dan menjaga kesehatan luka atau abses yang terbuka, menerapkan perban untuk melindungi area yang terkena tekanan, dan mempertahankan posisi tubuh yang tepat.

Kesimpulan

Kasur decubitus adalah kondisi medis yang serius yang dapat terjadi ketika seseorang terbaring di tempat tidur atau terikat pada kursi roda untuk waktu yang lama. Tindakan pencegahan penting untuk menghindari kasur decubitus termasuk mengubah posisi secara teratur, menjaga kulit tetap bersih dan kering, dan mengambil nutrisi yang cukup. Jika seseorang mengalami kasur decubitus, maka merawat dengan benar akan membantu mencegah komplikasi yang lebih serius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pernyataan Berikut Ini yang Benar Adalah IPA

Bahan Corduroy: Mengenal Jenis Kain yang Unik dan Kekinian