Kelipatan Persekutuan Terkecil KPK dari 15 dan 20 Adalah…

Jika Anda seorang ahli matematika, maka mungkin saja poin ini adalah hal yang mudah bagi Anda. Akan tetapi, bagi individu yang tidak terlalu aktif mengenai pelajaran matematika, hal ini menjadi sulit dipahami. Pada artikel ini, Anda akan mempelajari tentang kelipatan persekutuan terkecil KPK dari 15 dan 20 beserta bagaimana cara menghitungnya.

KPK dari 15 dan 20

KPK atau kelipatan persekutuan terkecil disebut dengan bilangan terkecil yang dapat dibagi oleh dua bilangan tersebut tanpa terdapat sisa. Pada kasus ini, bilangan yang dimaksud adalah 15 dan 20. Dalam rangka menghitung KPK dari kedua bilangan tersebut, langkah awal yang harus diambil adalah menemukan faktor prima dari angka tersebut. Ini dapat dilakukan dengan membagi angka tersebut dengan faktor prima sederhana seperti 2, 3, 5, 7, dan seterusnya.

  • Faktor Prima 15: 3 x 5
  • Faktor Prima 20: 2 x 2 x 5

Setelah menemukan faktor prima kedua bilangan, selanjutnya adalah mengambil faktor prima dari masing-masing angka dan menggabungkannya menjadi satu bagian. Namun, apabila terdapat faktor prima yang sama, maka Anda perlu mengambil nilai perpangkatan yang paling besar. Dalam hal ini, faktor prima 2 dan 5 muncul pada kedua angka tersebut, yang artinya nilai perpangkatan yang paling besar harus diambil.

  • Faktor Prima 15: 3 x 5

  • Faktor Prima 20: (2^2) x 5

    Kemudian, Anda dapat menggabungkan kedua angka tersebut menjadi satu. Namun, karena faktor prima yang sama, maka 2^2 dan 5 hanya dihitung satu kali saja.

  • KPK: 2^2 x 3 x 5

  • KPK dari 15 dan 20 adalah 60

Dalam hal ini, nilai KPK dari 15 dan 20 adalah 60.

FAQ

Apa itu KPK?

KPK adalah singkatan dari kelipatan persekutuan terkecil. KPK dapat digunakan untuk menemukan bilangan terkecil yang dapat dibagi oleh kedua bilangan.

Bagaimana cara menghitung KPK?

Langkah pertama dalam menghitung KPK adalah menemukan faktor prima dari kedua bilangan. Setelah itu, Anda dapat mengambil faktor prima dari masing-masing bilangan dan menggabungkannya menjadi satu. Akhirnya, kalikan faktor prima tersebut dan Anda akan mendapatkan nilai KPK.

Mengapa menghitung KPK penting?

Menghitung KPK berguna dalam banyak hal, seperti menyelesaikan perhitungan matematika, fisika, dan kimia. KPK juga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika mencari waktu yang tepat untuk melakukan tugas tertentu.

Kesimpulan

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami dan menghitung KPK dari 15 dan 20. Dalam menghitung KPK, langkah pertama adalah menemukan faktor prima dari kedua bilangan. Kemudian, Anda dapat mengambil faktor prima dari masing-masing bilangan dan menggabungkannya menjadi satu. Akhirnya, kalikan faktor prima tersebut dan Anda akan mendapatkan nilai KPK. Jangan ragu untuk menggunakan formula ini dalam perhitungan matematika dan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Sekian artikel ini dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Transaksi yang Dapat Mengurangi Ekuitas Suatu Perusahaan

Air Muqayyad: Pengertian, Manfaat, dan Tips Mengonsumsinya