Kelompok Etnis Terbesar di Vietnam dan Karakteristiknya

Vietnam adalah negara yang kaya akan budaya dan keragaman etnis. Terdapat banyak etnis yang tinggal di Vietnam, dengan kelompok etnis terbesar yang mendominasi populasi negara. Pembahasan ini akan merinci kelompok etnis terbesar yang ada di Vietnam, beserta ciri-ciri khas dan sejarahnya.

Kelompok Etnis Dominan di Vietnam

Kelompok etnis terbesar di Vietnam adalah orang Vietnam Kinh, atau biasa dikenal sebagai orang Kinh. Menurut statistik tahun 2019, etnis Kinh memperkirakan sekitar 86% dari total populasi Vietnam.

Secara tradisional, kelompok etnis Kinh mendiami daerah Delta Sungai Merah dan dataran tinggi tengah Vietnam. Setelah perluasan wilayah negara tersebut, kelompok etnis Kinh tersebar ke seluruh negara dan juga memengaruhi budaya Vietnam secara keseluruhan.

Sejarah Kelompok Etnis Kinh

Sejarah kelompok etnis Kinh di Vietnam sangat penting bagi negara tersebut. Kelompok ini telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan, termasuk bahasa, budaya, dan agama.

Bangsa Vietnam Kinh secara historis telah melalui banyak perubahan, baik secara fisik maupun budaya. Mereka mulai melakukan perdagangan dengan bangsa China pada abad ke-3 SM, yang kemudian mempengaruhi cara hidup dan budaya mereka. Pada tahun 111 SM, Vietnam dianeksasi oleh China sebagai provinsi jajahan.

Saat bangsa Vietnam terbebas dari cengkeraman China, mereka memperoleh kemerdekaan dan mulai membangun kembali negara mereka. Etnis Kinh terus memengaruhi perkembangan dan modernisasi Vietnam hingga saat ini.

Ciri-Ciri Khas Kelompok Etnis Kinh

Kelompok etnis Kinh memiliki ciri khas yang sangat berbeda dari kelompok etnis lainnya di Vietnam. Berikut adalah beberapa ciri khas dari etnis Kinh:

  1. Bahasa

Bahasa Vietnam adalah bahasa yang digunakan oleh kelompok etnis Kinh. Bahasa ini termasuk dalam keluarga bahasa Austroasia dan merupakan bahasa tonal yang menggunakan aksen untuk membedakan makna kata yang sama dengan nada yang berbeda.

  1. Makanan

Makanan khas Vietnam seperti pho, banh mi, dan spring rolls berasal dari budaya etnis Kinh. Makanan tradisional Vietnam biasanya menggunakan bahan-bahan segar, sayuran, dan bumbu-bumbu rempah.

  1. Agama

Mayoritas kelompok etnis Kinh adalah pemeluk agama Buddha Mahayana, Taoisme, dan Konfusianisme. Selain itu, ada juga yang memeluk agama Katolik dan Protestan.

  1. Pakaian

Pakaian tradisional Vietnam, ao dai, juga diperkenalkan oleh kelompok etnis Kinh. Pakaian ini terdiri dari baju panjang yang menutupi tubuh dengan celana panjang yang longgar.

  1. Seni dan Budaya

Seni dan budaya Vietnam dipengaruhi oleh kelompok etnis Kinh. Musik tradisional Vietnam dan seni performa seperti pertunjukan bua dan hat tuong berasal dari etnis Kinh.

FAQs

Berapa persen etnis Kinh di populasi Vietnam?

Etnis Kinh memperkirakan sekitar 86% dari total populasi Vietnam pada tahun 2019.

Apa bahasa yang digunakan oleh kelompok etnis Kinh?

Kelompok etnis Kinh menggunakan bahasa Vietnam.

Apa makanan tradisional Vietnam yang berasal dari kelompok etnis Kinh?

Beberapa makanan tradisional Vietnam yang berasal dari kelompok etnis Kinh adalah pho, banh mi, dan spring rolls.

Apa agama yang dianut oleh kelompok etnis Kinh?

Mayoritas kelompok etnis Kinh adalah pemeluk agama Buddha Mahayana, Taoisme, dan Konfusianisme.

Apakah ao dai merupakan pakaian tradisional bagi etnis Kinh?

Ya, ao dai merupakan pakaian tradisional etnis Kinh.

Kesimpulan

Kelompok etnis Kinh merupakan kelompok etnis terbesar dan dominan di Vietnam. Mereka telah mempengaruhi banyak aspek budaya Vietnam, seperti bahasa, makanan, agama, pakaian, serta seni dan budaya. Melalui sejarah yang kaya dan beragam, kelompok etnis Kinh menjadi bagian penting dari kehidupan dan identitas Vietnam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Booster Apps Indosat: Meningkatkan Kualitas Jaringan dengan Cepat

Salah Satu Sebab Digantinya GATT Menjadi WTO Adalah