Luas Daerah yang Diarsir pada Gambar Berikut Adalah

Gambar di bawah menunjukkan beberapa daerah yang diarsir dengan pola tertentu. Luas daerah yang diarsir pada gambar ini dapat dihitung dengan menggunakan beberapa metode matematika dan fisika.

Gambar Area

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menghitung luas daerah yang diarsir pada gambar tersebut dengan ilmu pengetahuan umum dan teknik SEO yang efektif. Mari langsung saja kita mulai!

Perhitungan Luas Daerah

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung luas daerah yang diarsir pada gambar tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode integral. Namun, untuk mempermudah pembahasan, kita akan menggunakan metode yang sederhana dan mudah dipahami.

Metode yang akan kita gunakan adalah dengan membagi daerah yang diarsir menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan mudah dihitung. Setelah itu, kita akan menghitung luas masing-masing bagian tersebut dan menjumlahkannya untuk mendapatkan luas daerah yang diarsir secara keseluruhan.

Dalam gambar di atas, kita dapat melihat bahwa daerah yang diarsir terdiri dari beberapa bentuk geometris seperti persegi, segitiga, dan trapesium. Oleh karena itu, kita akan membagi daerah yang diarsir menjadi beberapa bagian berdasarkan bentuk geometris masing-masing.

Luas Persegi

Persegi adalah bentuk geometris yang mudah dihitung luasnya. Untuk menghitung luas persegi, kita hanya perlu mengalikan panjang sisi dengan sisi tersebut. Berdasarkan gambar di atas, terdapat 2 buah persegi dengan panjang sisi 6 cm dan 8 cm. Oleh karena itu, luas kedua persegi tersebut adalah:

$$
begin{aligned}
text{Luas Persegi} &= s times s
&= 6 text{ cm} times 6 text{ cm}
&= 36 text{ cm}^2
text{Luas Persegi} &= s times s
&= 8 text{ cm} times 8 text{ cm}
&= 64 text{ cm}^2
end{aligned}
$$

Jadi, luas daerah yang diarsir oleh kedua persegi tersebut adalah $36 text{ cm}^2 + 64 text{ cm}^2 = 100 text{ cm}^2$.

Luas Segitiga

Segitiga adalah bentuk geometris yang luasnya dihitung dengan rumus $frac{1}{2} times a times t$, di mana $a$ adalah panjang alas dan $t$ adalah tinggi segitiga. Terdapat 2 buah segitiga dalam gambar di atas, yaitu dengan alas 6 cm dan tinggi 4 cm, serta alas 8 cm dan tinggi 6 cm. Oleh karena itu, luas kedua segitiga tersebut adalah:

$$
begin{aligned}
text{Luas Segitiga} &= frac{1}{2} times a times t
&= frac{1}{2} times 6 text{ cm} times 4 text{ cm}
&= 12 text{ cm}^2
text{Luas Segitiga} &= frac{1}{2} times a times t
&= frac{1}{2} times 8 text{ cm} times 6 text{ cm}
&= 24 text{ cm}^2
end{aligned}
$$

Jadi, luas daerah yang diarsir oleh kedua segitiga tersebut adalah $12 text{ cm}^2 + 24 text{ cm}^2 = 36 text{ cm}^2$.

Luas Trapesium

Trapesium adalah bentuk geometris yang luasnya dihitung dengan rumus $frac{1}{2} times (a + b) times t$, di mana $a$ dan $b$ adalah panjang kedua rusuk yang sejajar dan $t$ adalah tinggi trapesium. Terdapat 1 buah trapesium dalam gambar di atas, yaitu dengan panjang rusuk sejajar 6 cm, panjang rusuk sejajar lainnya 8 cm, dan tinggi 5 cm. Oleh karena itu, luas trapesium tersebut adalah:

$$
begin{aligned}
text{Luas Trapesium} &= frac{1}{2} times (a + b) times t
&= frac{1}{2} times (6 text{ cm} + 8 text{ cm}) times 5 text{ cm}
&= 35 text{ cm}^2
end{aligned}
$$

Jadi, luas daerah yang diarsir oleh trapesium tersebut adalah 35 $text{ cm}^2$.

Total Luas

Dari perhitungan di atas, kita telah menghitung luas daerah yang diarsir oleh persegi, segitiga, dan trapesium dengan total luas 100 $text{ cm}^2$ + 36 $text{ cm}^2$ + 35 $text{ cm}^2$ = 171 $text{ cm}^2$.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul seputar perhitungan luas daerah yang diarsir pada gambar tersebut.

Apa saja bentuk geometris yang terdapat pada gambar tersebut?

Pada gambar tersebut terdapat beberapa bentuk geometris seperti persegi, segitiga, dan trapesium.

Apa saja rumus yang digunakan untuk menghitung luas daerah masing-masing bentuk geometris?

Rumus untuk menghitung luas daerah masing-masing bentuk geometris sebagai berikut:

  • Persegi: $s times s$
  • Segitiga: $frac{1}{2} times a times t$
  • Trapesium: $frac{1}{2} times (a + b) times t$

Bagaimana cara menghitung luas daerah yang diarsir pada gambar tersebut?

Luas daerah yang diarsir pada gambar tersebut dapat dihitung dengan menjumlahkan luas daerah masing-masing bentuk geometris seperti persegi, segitiga, dan trapesium yang terdapat di dalamnya.

Kesimpulan

Luas daerah yang diarsir pada gambar tersebut adalah 171 $text{ cm}^2$ dengan metode perhitungan yang sederhana dan mudah dipahami. Dengan menggunakan teknik SEO yang tepat, artikel ini dapat diakses dan dimengerti oleh pembaca dan mesin pencari dengan lebih mudah. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan yang berharga bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

"FR adalah Slang": Memahami dan Mengaplikasikan Istilah Populer di Masyarakat

Lokit Adalah: Apa itu dan Bagaimana Mengoptimalkannya untuk SEO?