Musik Atonal adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Sejarahnya

Musik atonal biasanya dianggap sebagai salah satu aliran musik yang paling kontroversial dalam sejarah. Musik ini diciptakan pada abad ke-20 dan dianggap sebagai pengganti dari musik tonal tradisional. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang pengertian, karakteristik, dan sejarah musik atonal.

Definisi Musik Atonal

Musik atonal adalah jenis musik yang tidak memiliki tonalitas atau kunci tertentu. Artinya, musik ini tidak terikat pada aturan dan struktur musik tonal seperti diatonik atau harmoni tonal. Musik atonal sering dimainkan secara acak dan tidak memiliki pola yang jelas. Musik ini juga sering dianggap sebagai bentuk musik yang paling sulit untuk dipahami.

Karakteristik Musik Atonal

Karakteristik utama dari musik atonal adalah kebebasan dalam komposisi musik. Komposer bebas memilih nada dan notasi musik mana saja dalam menciptakan musik atonal. Hal ini membuat musik atonal dapat terdengar sangat eksperimental dan tidak biasa. Musik ini juga cenderung memiliki nuansa yang gelap dan penuh ketegangan.

Beberapa karakteristik musik atonal antara lain:

  • Tidak terdapat tonalitas atau kunci tertentu
  • Menggunakan tekhnik 12-tone, yaitu menggunakan sekuens 12 nada
  • Dinamis dan ekspresif
  • Sering kali eksperimental dan tidak biasa

Sejarah Musik Atonal

Musik atonal bermula pada awal abad ke-20 di Eropa, dipelopori oleh komposer seperti Arnold Schoenberg, Alban Berg, dan Anton Webern. Musik ini berkembang dari tradisi musik tonal yang dianggap sudah ketinggalan zaman. Musik atonal juga dipengaruhi oleh perubahan sosial dan politik pada saat itu, yang terlihat dalam komposisi musik tersebut.

Walaupun awalnya kontroversial, musik atonal terus berkembang dan digunakan oleh beberapa komposer paling terkenal dari abad ke-20, seperti Igor Stravinsky, Samuel Barber, dan John Cage. Musik atonal juga sering digunakan dalam seni kontemporer dan teater.

FAQ

1. Apakah musik atonal sulit dipahami?

Ya, musik atonal dianggap sulit dipahami karena tidak terikat pada struktur musik tonal tradisional yang sudah umum. Musik ini cenderung abstrak dan berbeda dari kebanyakan musik yang banyak didengar.

2. Apa yang membedakan musik atonal dengan musik tonal?

Musik atonal tidak memiliki tonalitas atau kunci tertentu, sedangkan musik tonal memiliki struktur musik yang teratur dan terikat pada kunci tertentu.

3. Siapa saja komposer terkenal yang menciptakan musik atonal?

Beberapa komposer terkenal yang menciptakan musik atonal antara lain Arnold Schoenberg, Alban Berg, Anton Webern, Igor Stravinsky, Samuel Barber, dan John Cage.

Kesimpulan

Musik atonal adalah jenis musik yang berbeda dari musik tonal, dengan karakteristik utama yaitu kebebasan dalam komposisi musik. Meskipun kontroversial pada awalnya dan dianggap sulit dipahami, musik atonal mengalami perkembangan dan digunakan oleh beberapa komposer terkenal di abad ke-20. Musik atonal juga sering digunakan dalam seni kontemporer dan teater.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Luas Permukaan Bola dengan Jari-jari 30 cm

Larutan HCl adalah: Memahami Sifat, Kegunaan, dan Manfaatnya