Nilai x dari Persamaan 7 – 2x + 3x – 8 adalah

Pengenalan

Dalam matematika, persamaan adalah ekspresi yang terdiri dari variabel, konstan, dan operator. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang nilai x dari persamaan 7 – 2x + 3x – 8. Kami akan menguraikan langkah-langkah untuk menemukan nilai sebenarnya dari x dalam persamaan tersebut.

Langkah 1: Mengelompokkan Variabel x

Untuk mencari nilai x, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengelompokkan variabel x pada persamaan. Dalam persamaan ini, terdapat dua variabel x dengan koefisien yang berbeda, yaitu -2x dan 3x. Kita perlu menggabungkan kedua variabel ini menjadi satu variabel x.

Poin-poin penting:

  • Gabungkan kedua variabel x menjadi satu variabel x.
  • Hilangkan koefisien pada variabel x dengan mengurangkan kedua koefisien tersebut.

Langkah 2: Mengurangkan Koefisien Variabel x

Setelah variabel x digabungkan, langkah selanjutnya adalah mengurangkan koefisien kedua variabel x. Pada persamaan ini, koefisien -2x dikurangkan dengan 3x.

Poin-poin penting:

  • Kurangkan koefisien variabel x: -2x – 3x = -5x.

Langkah 3: Menghitung Jumlah

Setelah kedua koefisien variabel x dikurangkan, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah dari seluruh bagian persamaan. Pada persamaan 7 – 2x + 3x – 8, kita perlu menjumlahkan 7, -2x, 3x, dan -8.

Poin-poin penting:

  • Jumlahkan seluruh bagian persamaan: 7 – 2x + 3x – 8 = -x – 1.

Langkah 4: Menyelesaikan Nilai x

Langkah terakhir adalah menyelesaikan nilai x dengan menghilangkan variabel x dari persamaan. Dalam persamaan -x – 1, kita perlu mencari nilai x sehingga persamaan tersebut terpenuhi.

Poin-poin penting:

  • Hilangkan variabel x dengan menggantikan x dengan nilai yang kita cari.
  • Dalam persamaan ini, nilai x yang memenuhi adalah x = 1.

FAQ

Apa nilai x dari persamaan 7 – 2x + 3x – 8?

Nilai x dari persamaan tersebut adalah x = 1.

Mengapa variabel x perlu digabungkan?

Variabel x perlu digabungkan untuk menyederhanakan persamaan. Dengan menggabungkan kedua variabel x, kita dapat menjumlahkan dan mengurangkan koefisien dengan lebih mudah.

Mengapa perlu mengurangkan koefisien variabel x?

Dengan mengurangkan koefisien variabel x, kita dapat memperoleh persamaan yang lebih sederhana dan mudah untuk diselesaikan. Ini membantu mencari nilai sebenarnya dari x dengan lebih efisien.

Apa yang dilakukan dengan jumlah seluruh bagian persamaan?

Pada langkah ini, kita menjumlahkan seluruh bagian persamaan, termasuk konstan dan variabel x. Ini membantu dalam memperoleh jumlah keseluruhan persamaan.

Mengapa perlu menghilangkan variabel x dalam langkah terakhir?

Dalam langkah terakhir, kita menghilangkan variabel x untuk memperoleh nilai sebenarnya dari x. Dengan menggantikan x dengan nilai yang kita cari, persamaan akan menjadi benar.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang nilai x dari persamaan 7 – 2x + 3x – 8. Setelah mengelompokkan variabel x, mengurangkan koefisien, menghitung jumlah, dan menyelesaikan nilai x, kita dapat menyimpulkan bahwa nilai x dari persamaan tersebut adalah x = 1. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kita dapat dengan mudah menemukan nilai x dari persamaan matematika.

Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang topik ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Humidifikasi: Meningkatkan Kelembaban Udara untuk Kesehatan dan Kenyamanan

Jasa Goodyear dan Dunlop: Pengaruh Terhadap Kehidupan di Dunia