Operasi ORIF Adalah: Pengertian, Prosedur, dan Kesembuhan yang Diinginkan

Operasi ORIF adalah salah satu jenis operasi yang dilakukan oleh dokter bedah untuk memperbaiki tulang yang patah atau rusak dengan menggunakan peralatan seperti plat, sekrup, atau kawat. ORIF singkatan dari Open Reduction Internal Fixation dan merupakan jenis operasi yang paling sering dilakukan pada tulang tungkai seperti lengan dan kaki.

Prosedur Operasi ORIF

Prosedur operasi ORIF dimulai dengan membuat sayatan kecil di kulit untuk mengakses tulang yang patah. Dokter kemudian akan menata tulang kembali ke posisi semula dengan teknik reduksi terbuka dan memperbaiki tulang dengan menggunakan peralatan pengaman seperti plat dan sekrup dalam proses yang disebut fiksasi internal.

Dalam beberapa kasus, dokter bedah mungkin juga menambahkan tulang baru atau mengisi ruang kosong di antara tulang yang rusak dengan implan tulang. Setelah perbaikan selesai, dokter akan menutup sayatan dengan jahitan.

Sembuh dari Operasi ORIF

Biaya dan lamanya waktu pemulihan setelah operasi ORIF bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan tulang dan beratnya operasi. Orang dewasa mungkin memerlukan waktu pemulihan lebih lama daripada anak-anak, dan orang yang lebih tua mungkin memerlukan tambahan waktu pemulihan.

Ketika dokter memeriksa pasien untuk pemulihan pascaoperasi, pasien mungkin akan dibekali dengan perban gips atau memakai penyangga khusus yang dirancang agar tidak mengganggu proses penyembuhan. Dokter mungkin juga meresepkan obat penghilang rasa sakit atau menyarankan terapi fisik untuk membantu memulihkan kekuatan dan fleksibilitas otot.

FAQ

  • Apa pengertian dari Operasi ORIF?
    Operasi ORIF adalah jenis operasi yang digunakan untuk memperbaiki tulang patah atau rusak dengan menggunakan plat, sekrup, atau kawat di dalam tulang.

  • Apa saja peralatan yang digunakan dalam operasi ORIF?
    Peralatan yang digunakan dalam operasi ORIF antara lain plat, sekrup, dan kawat.

  • Berapa lama waktu pemulihan setelah operasi ORIF?
    Waktu pemulihan setelah operasi ORIF bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan tulang dan beratnya operasi.

  • Apa saja yang harus dilakukan selama pemulihan pascaoperasi?
    Selama pemulihan pascaoperasi, pasien mungkin akan dibekali dengan perban gips atau memakai penyangga khusus yang dirancang agar tidak mengganggu proses penyembuhan. Dokter mungkin juga meresepkan obat penghilang rasa sakit atau menyarankan terapi fisik untuk membantu memulihkan kekuatan dan fleksibilitas otot.

Kesimpulan

Operasi ORIF adalah salah satu jenis operasi bedah yang digunakan untuk memperbaiki tulang yang patah atau rusak. Prosedur ORIF dilakukan dengan menggunakan peralatan khusus seperti plat, sekrup, atau kawat yang ditempatkan di dalam tulang untuk memperbaikinya. Selama pemulihan pascaoperasi, pasien mungkin dibekali dengan perban gips atau penyangga khusus dan diberikan obat penghilang rasa sakit atau terapi fisik untuk membantu pemulihan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang operasi ORIF.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Amal Nafiah: Meningkatkan Kebaikan Dengan Tindakan Konkret

Bastille Adalah: Membahas Tentang Band Populer dari Inggris