Pengertian Konsep Humas Tradisional Eksternal

Humas atau Hubungan Masyarakat adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh pengertian dan dukungan dari publik terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya, Humas dituntut untuk berkontribusi dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Dalam praktiknya, kegiatan Humas dibagi menjadi dua jenis yaitu Humas Internal dan Humas Eksternal. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang pengertian konsep Humas Tradisional Eksternal.

Apa itu Konsep Humas Tradisional Eksternal?

Konsep Humas Tradisional Eksternal (HTE) merupakan suatu kegiatan humas yang ditujukan untuk memperkenalkan produk atau jasa dari suatu perusahaan atau organisasi kepada masyarakat luas melalui media massa. Konsep HTE ini berfokus pada hubungan dengan media massa sebagai sarana untuk menyampaikan informasi secara masif kepada masyarakat.

Fungsi Konsep Humas Tradisional Eksternal

Konsep HTE memiliki berbagai fungsi dalam perusahaan atau organisasi, antara lain:

  1. Memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat luas melalui media massa.
  2. Membangun citra perusahaan dalam masyarakat dengan cara memberikan informasi yang baik dan benar tentang perusahaan.
  3. Meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap perusahaan.
  4. Meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Strategi Konsep Humas Tradisional Eksternal

Untuk mencapai tujuan dari konsep HTE, perusahaan atau organisasi harus melakukan beberapa strategi, antara lain:

  1. Membuat surat pers atau press release yang berisi informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Surat pers ini nantinya akan dikirimkan ke media massa sebagai sarana untuk menyampaikan informasi secara masif kepada masyarakat.
  2. Mengadakan event atau acara media yang bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa dari perusahaan kepada media massa. Dalam acara media ini, perusahaan akan memberikan informasi yang lebih detail dan lengkap tentang produk atau jasa yang ditawarkan.
  3. Membangun hubungan yang baik dengan media massa melalui media relations atau kontak baik dengan wartawan. Hal ini bertujuan agar informasi yang disampaikan oleh perusahaan lebih mudah diterima oleh masyarakat melalui media massa.

FAQ

Apa perbedaan antara konsep Humas Tradisional Eksternal dan Humas Modern?

Konsep Humas Tradisional Eksternal lebih fokus pada media massa sebagai sarana untuk menyampaikan informasi ke masyarakat, sedangkan Humas Modern lebih fokus pada media sosial dan digital sebagai sarana untuk menyampaikan informasi ke masyarakat.

Apa saja media massa yang bisa digunakan dalam konsep Humas Tradisional Eksternal?

Beberapa media massa yang bisa digunakan dalam konsep Humas Tradisional Eksternal antara lain televisi, radio, koran, majalah, dan media online.

Apa keuntungan dari konsep Humas Tradisional Eksternal?

Keuntungan dari konsep Humas Tradisional Eksternal antara lain bisa memperkenalkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat secara masif, membangun citra perusahaan yang baik di mata masyarakat, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan, dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Kesimpulan

Konsep Humas Tradisional Eksternal merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan produk atau jasa dari suatu perusahaan kepada masyarakat luas melalui media massa. Konsep ini memiliki berbagai fungsi dalam perusahaan atau organisasi, antara lain membangun citra perusahaan dalam masyarakat, meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap perusahaan, dan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus melakukan beberapa strategi, antara lain membuat surat pers, mengadakan event atau acara media, dan membangun hubungan yang baik dengan media massa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Infertilitas Tersier: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Cosolvent: Bahan yang Penting dalam Produksi Obat