Peran Zona Laut Neritik Bagi Kehidupan Manusia

Dalam dunia ilmu pengetahuan bahari, zona laut neritik memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Zona laut ini menjadi tempat bagi berbagai spesies laut dan tanaman laut yang memberikan manfaat besar bagi manusia seperti sumber pangan dan oksigen. Artikel ini akan mengulas lebih dalam tentang peran zona laut neritik bagi kehidupan manusia.

Apa Itu Zona Laut Neritik?

Zona laut neritik adalah zona laut dangkal yang terletak di antara tepi pantai dan perairan benua. Zona ini terbentang hingga kedalaman sekitar 200 meter dari permukaan laut. Zona laut neritik memiliki ciri khas yaitu permukaannya yang sangat bergelombang dan banyak dihuni oleh spesies laut seperti ikan, moluska, dan plankton.

Peran Zona Laut Neritik Bagi Kehidupan Manusia

Sebagai zona laut dangkal, zona laut neritik memiliki peran yang sangat besar dalam mendukung kehidupan manusia, yaitu:

1. Sumber Pangan

Zona laut neritik menjadi tempat berburu dan mencari makan bagi banyak spesies laut dan manusia. Di zona ini, terdapat banyak spesies ikan, udang, lobster, kerang, dan hewan laut lainnya yang menjadi sumber pangan manusia. Selain itu, zona laut neritik juga menjadi tempat bernaung bagi makhluk laut yang menjadi mangsa ikan dan hewan laut lainnya, sehingga membentuk rantai makanan laut yang kompleks.

2. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Zona laut neritik memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Spesies seperti plankton yang hidup di zona ini menjadi sumber makanan bagi ikan dan hewan laut kecil lainnya, sehingga menjaga keseimbangan rantai makanan laut. Selain itu, zona laut neritik juga menjadi tempat berkembang biak bagi banyak spesies laut, sehingga membantu menjaga populasi spesies laut agar tetap seimbang.

3. Menyediakan Oksigen

Tanaman laut yang hidup di zona laut neritik juga memiliki peran penting dalam menyediakan oksigen bagi manusia dan makhluk hidup lainnya di bumi. Tanaman laut seperti rumput laut dan alga menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis, sehingga membantu menjaga kualitas udara dan ekosistem di bumi.

FAQ

Apa Saja Spesies yang Hidup di Zona Laut Neritik?

Zona laut neritik dihuni oleh banyak spesies laut seperti ikan, moluska, plankton, udang, lobster, kerang, dan hewan laut lainnya.

Apa Yang Membuat Zona Laut Neritik Begitu Penting Bagi Kehidupan Manusia?

Zona laut neritik memiliki banyak spesies laut dan tanaman laut yang memberikan manfaat penting bagi manusia seperti sumber pangan dan oksigen.

Bagaimana Zona Laut Neritik Mempengaruhi Keseimbangan Ekosistem Laut?

Zona laut neritik menjadi tempat berkembang biak bagi banyak spesies laut, sehingga membantu menjaga populasi spesies laut agar tetap seimbang.

Kesimpulan

Zona laut neritik memegang peranan penting bagi kehidupan manusia dan ekosistem laut secara keseluruhan. Dalam zona ini, terdapat banyak spesies laut dan tanaman laut yang memberikan manfaat besar seperti sumber pangan dan oksigen, serta berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Oleh karena itu, lebih banyak perhatian dan perlindungan perlu diberikan pada zona laut neritik agar tetap sehat dan lestari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

"10 3 adalah" – Apa Itu dan Mengapa Penting untuk Anda Ketahui

Bunga Pajak Adalah: Semua yang Perlu Anda Ketahui