Salah Satu Sebab Digantinya GATT Menjadi WTO Adalah

Salah satu sebab penting perubahan GATT menjadi WTO adalah karena adanya tuntutan dari negara-negara berkembang di dunia. Sejarah perubahan ini memiliki proses yang cukup panjang, dimulai dari saat pembentukan GATT hingga terbentuknya WTO.

Latar Belakang

GATT (General Agreement on Tariffs and Trade) dibentuk pada tahun 1947 setelah Perang Dunia II sebagai upaya untuk mendorong perdagangan internasional yang bebas dan adil. Secara umum, tujuan GATT adalah mengurangi tarif impor dan mencegah diskriminasi terhadap produk dari negara lain. Awalnya, GATT hanya berlaku untuk perdagangan barang, tetapi kemudian juga diperluas untuk mencakup sektor jasa.

Selama lebih dari empat dekade, GATT mampu mengatur perdagangan internasional di antara negara-negara pesertanya meskipun terdapat beberapa perbedaan dalam hal interpretasi aturan atau kode-etik yang diadopsinya.

Namun, terdapat beberapa kelemahan dari sistem GATT, terutama bagi negara-negara berkembang. Salah satu permasalahannya adalah bahwa sanksi-sanksi yang diberlakukan terhadap negara-negara yang melanggar aturan GATT dapat sangat merugikan bagi negara yang kurang mampu secara ekonomi. Sanksi yang diberikan oleh negara yang kuat dapat menyebabkan negara berkembang menjadi semakin terpuruk dalam kondisi ekonomi yang buruk.

Tuntutan negara-negara berkembang ini kemudian mengarah pada pembentukan WTO pada tahun 1995. Berbeda dengan GATT yang hanya mengatur perdagangan barang, WTO jauh lebih luas dalam cakupannya karena juga mencakup perdagangan jasa, hak kekayaan intelektual, dan beberapa aturan lain yang lebih komprehensif.

Fungsi WTO

WTO bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya melalui pengaturan perdagangan internasional yang bebas dan adil. WTO juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi ekonomi di seluruh dunia dan mengurangi hambatan perdagangan.

Selain itu, WTO juga memiliki beberapa fungsi lain seperti:

  1. Memfasilitasi perlakuan yang sama terhadap semua anggota WTO, bertindak sebagai forum untuk mengadakan negosiasi perdagangan, dan memfasilitasi penyelesaian sengketa perdagangan antara anggota WTO.
  2. Mengembangkan dan mempromosikan aturan perdagangan internasional yang baru dan lebih baik yang dapat membantu melindungi lingkungan, meningkatkan transparansi, dan memperkuat prinsip-prinsip perdagangan multilateral.
  3. Menciptakan mekanisme pemantauan untuk memastikan bahwa anggota WTO mematuhi aturan dan perjanjian internasional.

Kelebihan WTO

Salah satu kelebihan WTO adalah bahwa secara efektif mengawasi dan mengatur perdagangan internasional. Selain itu, WTO juga memfasilitasi negosiasi antara anggotanya.

Membentuk sistem perdagangan yang adil dan tidak diskriminatif sangat penting untuk negara-negara berkembang yang mengandalkan perdagangan untuk pertumbuhan ekonominya. Melalui WTO, negara-negara berkembang dapat memperoleh akses ke pasar global untuk ekspor produk-produk mereka. WTO juga bisa memastikan hak kekayaan intelektual untuk produk-produk negara-negara berkembang.

Kerugian WTO

Namun, WTO juga memiliki kelemahan. Salah satunya adalah bahwa WTO hanya berafiliasi dengan anggota-anggotanya yang kuat secara ekonomi, yang membuatnya rentan terhadap kritik dan kontroversi.

Selain itu, WTO juga dapat menghasilkan kebijakan perdagangan yang merugikan bagi negara-negara yang kurang mampu secara ekonomi. Beberapa negara kecil menganggap bahwa WTO hanya berpihak pada negara-negara besar.

Kesimpulan

Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa satu sebab utama perubahan GATT menjadi WTO adalah tuntutan dari negara-negara berkembang. WTO memiliki kelebihan dan kelemahan dalam mengatur perdagangan internasional, tetapi secara keseluruhan WTO bertujuan untuk meningkatkan efisiensi ekonomi di seluruh dunia dan mengurangi hambatan perdagangan dalam rangka meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan anggotanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kelompok Etnis Terbesar di Vietnam dan Karakteristiknya

Bawang Putih Kating: Artikel Terlengkap dan Optimal